14 Juli 2008

Misteri Ilahi

Setelah melalui perjalanan panjang, berlibur bersama anak-anak, akhirnya saya kembali ke rumah dengan selamat. Alhamdulillah...
Yang saya rasakan saat ini adalah capek, lelah dan badan pegal-pegal. Tapi, saya juga merasakan penyegaran kembali, alias re-freshing. Selama perjalanan, banyak sekali yang saya dapatkan, saya renungkan dan saya rasakan. Dan saya menikmati semua itu.
Hidup ini memang harus selalu dinikmati. Walaupun proses untuk mencapai kenikmatan itu sangatlah rumit dan berliku. Setiap orang tidak akan sama, ada yang ringan ada pula yang berat. Tergantung me-manage nya saja.
Betapa Allah telah menciptakan bumi beserta isinya dengan penuh hikmah yang terkandung di dalamnya. Hikmah itu bagaikan misteri yang tidak bisa ditebak. Coba saja, begitu banyak hutan, gunung, sawah, laut, sungai, jalanan, manusia... Semua dapat "berdiri" pada posisi nya. Dan semua sudah di atur agar tidak saling berbenturan satu sama lain. Subhanallah. Bisa saja gunung yang menjulang tinggi tiba-tiba roboh menimpa jalanan atau air laut tumpah ke hutan... Semua itu merupakan misteri Ilahi. Maka, apabila tidak pernah mau bersyukur, itu berarti mengingkari nikmat Allah.
Selama perjalanan, di setiap kota yang saya singgahi, saya perhatikan orang-orang berlalu lalang melakukan aktifitasnya. Masing-masing punya kesibukan, maksud dan tujuan. Tukang becak, supir angkot, tukang parkir, eksekutif muda, pegawai pemerintahan, pelaku bisnis, mereka mempunyai tujuan dan maksud untuk hidup yang harus dipertanggungjawabkan. Di dunia, mereka bertanggungjawab kepada keluarganya, anak dan istrinya. Dan di akherat kelak, mereka harus bertanggungjawab terhadap sang pencipta. Tujuan hidup mereka adalah semata mata hanya agar bagaimana bisa bermanfaat bagi sesama.
Dan semua itu juga merupakan misteri Ilahi, ada yang memang diciptakan menjadi orang baik sehingga menjadi baik, dan ada pula yang ingin baik tapi melalui jalan yang tidak baik. Mengapa ada Dokter, Polisi, Guru?. Karena mereka sudah tau bagaimana menjadi baik dan bagaimana memanfaatkan hidup mereka agar menjadi baik. Dan mengapa juga ada pencuri, perampok, koruptor?. Karena mereka sebenarnya ingin menjadi baik hanya saja jalan yang mereka lalui tidak baik. Sekali lagi, misteri Ilahi yang bicara.
Orang yang paling bahagia di dunia ini, belum tentu mempunyai semua yang terbaik. Mereka hanya berusaha untuk meraih apa yang di inginkan agar menjadi yang terbaik.