11 April 2008

Mimpi

Hidup ini seperti mimpi. Sepertinya baru kemaren saya di lahirkan, dan masih teringat jelas di benak saya ketika beberapa puluh tahun yang lalu, ibu saya pagi-pagi secara rutin menyiapkan seragam merah putih, menggoreng nasi dan menghidangkannya untuk sarapan pagi saya beserta adik-adik. Dan, kemudian mengantarkan kami sampai pintu depan rumah untuk selanjutnya kami di antar abang tukang becak menuju sekolah.
Rutinitas seperti itu sekarang terjadi kepada saya. Setiap pagi, "seharusnya" saya melakukan ritual tersebut. Saya sadar, saya belum melakukan se sempurna yang ibu saya lakukan. Sepertinya saya masih bermimpi bahwa hidup ini berlangsung begitu cepat.
Beberapa hari lalu, saya menjenguk adik saya yang baru melahirkan. Bayi mungil itu, memang di ciptakan oleh Tuhan untuk hidup di dunia sekarang ini, tidak kemaren, tidak tahun lalu. Bahwa kehidupan yang akan datang, sudah direncanakan oleh NYA. Apapun dan bagaimanapun keadaannya, Tuhan sudah mendesign. Akan beratkah?, rumitkah?. Dan, sepertinya bayi yang baru dilahirkan sekarang ini, akan mempunyai mental yang lebih kuat. Tidak seperti saya, yang sepertinya rapuh, mudah mengeluh dan kentara sekali tidak siap menghadapi hidup karena saya merasa seperti masih mimpi.
Apabila saya tidak dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai dan men support saya, mungkin saya sudah hanyut kemana tau, ke arah yang tidak jelas. Apapun yang saya jalani, sepertinya kok salah, tidak pernah beres. Karena saya masih bermimpi...
Dan sepertinya hidup saya di dominasi oleh keasyikan saya menikmati mimpi. Apalagi, mimpi-mimpi yang datang ke saya, sangat variatif bentuknya ; baik, buruk, menyenangkan, menyedihkan... yang kesemuanya itu sangat-sangat saya nikmati.
Teman saya menganggap, hidup saya sudah terlalu enak. Itu karena saya sedang diliputi mimpi baik. Ada juga yang bilang, hidup saya sangat menyedihkan, itu karena ketika saya sedang diliputi mimpi buruk.
Merealisasikan mimpi, tidak semudah yang dibayangkan. Bahwa untuk mencapai mimpi, harus selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik. Setiap kali ada sandungan yang membuat diri jatuh, jangan terus dipelihara. Sebaiknya, berusaha untuk selalu menjadi baik dengan menciptakan perubahan. Dan perubahan itu tidak menjamin tercapainya perbaikan, tetapi tidak ada perbaikan yang bisa dicapai tanpa perubahan......