09 Oktober 2007

Curhat itu penting dan perlu

Keseringan dicurhati, lama-lama saya bete juga. I am an extraordinary woman, punya kelemahan, masalah, beban. Namanya juga orang hidup, wajar kan kalo punya itu semua. Dan biasanya setiap habis dicurhati orang (temen, sahabat, keluarga), malamnya saya pasti nggak bisa tidur. Suami saya sampai bingung. Dia suka bilang : “besok lagi jangan mau dicurhati dan jangan dengerin yang jelek-jelek”. Waduuh… gimana ya?.
Entah sejak kapan saya available dalam bidang itu, curhat mencurhat dan dicurhati. Harusnya saya menikmati. Karena, orang yang bersedia curhat ke saya, berarti orang tersebut sudah mempercayai saya sehingga menganggap layak untuk dicurhati. Walaupun kadang nggak ngasih solusi apa-apa, hanya sekedar dijadikan shoulder to cry on dan tak jarang juga ‘gebuk on’ bagi temen-temen saya. Tapi kadang suka bikin cengoh juga, dan akhirnya saya jadi kepikiran.
Dalam ilmu psikologi, kalo orang sering di curhati, ada faktor positif dan negatif pada perkembangan pribadi orang tersebut. Positifnya ; seseorang akan dapat melihat banyak permasalahan yang terjadi sehingga akan menjadi bijak. Negatifnya ; menjadi beban. Apalagi kalo ada kata-kata : “eh, ini er ha es lho, aku cuma ngomong sama kamu”……. Hadoooooooohhh.
Saya merasakan, kadang nggak balance juga. Trus, gimana seandainya kalo saya pengen curhat?. Kepada siapa dan orang macam apa?. Apakah curhatan saya pantas buat mereka?. Maksudnya gini, ya kalo nggak ngebebanin, kalo iyaaa… weleh, dosa saya.
Saya termasuk tipe yang sulit percaya sama orang. Tapi, kalo udah percaya sama seseorang, wah bisa tak gondeli kemana pun dia berada secara dianya sumpek atau enggak, yang penting saya nya nyaman.
Saat ini, saya lagi PENGEEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNNNN BANGET curhat. Too many problems on my mind dan rata-rata datangnya bukan dari saya. Sebenernya saya sih udah curhat sama yang ‘DIATAS’. Tapi, embuhlah… manusiawi kali ye kalo saya juga perlu a shoulder to curhat on. Wis lah, saat ini menurut saya, belum perlu saya ceritakan isi hati saya ke orang-orang selagi saya masih bisa mengatasinya. Telen aja sendiri, nikmati dan rasakan. Hanya saya dan Tuhan yang tau. Cieeeeeeeeee…
Terus, gimana dengan saya?. Kemana, dimana, dengan siapa saya harus curhat?. Banyak sih sebenernya tempat yang available bagi saya untuk curhat. Ada ibu, suami, kakak, teman. Ah, hanya saja, saya terlalu gengsi untuk curhat sama kakak saya, karena paling dia akan ngejek saya kalo saya cengeng, hehe. Saya juga terlalu sayang sama ibu saya, makanya saya paling anti curhat sama beliau, karena saya tidak mau membebani pikiran ibu. Suami?, hehehe… ada dua faktor yang menyebabkan kadang saya enggan curhat sama dia. Pertama : takut ngebebani dia, Kedua : diremehkan, dalam artian dia paling akan bilang, “aku tidak mau melihat istriku lemah”, wehehe…
Yang paling saya sukai adalah, ketika saya di curhati anak-anak saya. Berhubung anak saya banyak, maka cerita dari mereka seolah-olah nggak ada habisnya dan menjadikan indah dunia saya, melek mata saya.
So, curhat itu perlu dan penting terlepas apa, siapa, tentang apa yang mau di curhati.
Bila hari ini... tak seperti yang kau bayangkan, yang kau inginkan. Coba pejamkanlah kedua matamu, lupakan apa yang terjadi...