17 September 2007

Be a person with super attitude

Beberapa hari yang lalu, saya sesenggukan di telpon, curhat dengan sahabat saya. Harusnya, saya tidak boleh melakukan hal itu, karena saya sudah berulangkali mengalami hal-hal yang membuat hidup kadang merasa nggak nyaman. Dalam hidup, setiap orang pasti punya masalah.
Ketika kita teringat pada hal-hal yang sudah kita alami, ada kesuksesan, ada juga kegagalan, semua itu yang harus kita pikirkan adalah, bukan apa yang terjadi pada diri kita yang harus diperhitungkan, tetapi bagaimana reaksi kita pada saat suatu masalah yang sedang terjadi, khususnya masalah yang tidak terduga. Bagaimana masalah tersebut agar tidak menjadi beban?.
Menurut saya, ya nikmati saja. Ada beberapa hal yang menurut saya mungkin bisa menjadikan seseorang menjadi lebih baik dan aware dalam menghadapi suatu masalah.
1. Fokus pada masa depan
Apapun yang kita hadapi, lebih baik fokus pada masa depan daripada masa lalu. Daripada mengkhawatirkan siapa atau apa yang harus disalahkan, lebih baik fokuslah pada dimana kita ingin berada dan apa yang ingin kita lakukan. Dapatkan ke PEDE an yang jelas tentang kesuksesan masa depan ideal, kemudian ambil langkah apapun yang kita bisa, untuk memulai petunjuk tersebut.
2. Pikirkan jalan keluar
Saat kita menghadapi kesulitan, fokuslah pada penyelesaian daripada masalahnya. Pikirkan dan bicarakan solusi yang baik tentang rintangan yang dihadapai daripada membuang waktu memikirkan masalah terus menerus. Solusi itu sifatnya positif, sedangkan masalah bersifat negative. Saat kita mulai memikirkan solusi, kira akan langsung menjadi positif dan berguna.
3. Lihat hal-hal yang baik
Asumsikan bahwa sesuatu yang baik selalu tersembunyi di setiap kesulitan dan tantangan. “Fa inna ma’al ‘usri yusroo, inna ma’al ‘usri yusroo”, begitu dalam Al Quran disebut. Kapanpun Tuhan ingin memberikan kita sebuah hadiah, DIA akan membungkusnya dalam sebuah masalah. Semakin besar hadiah yang kita terima, semakin besar masalah yang akan kita hadapi. That’s it, Sunnatullah gitu… Namun, hal terindah adalah jika kita menanti hadiah tersebut, kita akan selalu menemukannya.
4. Cari pelajaran berharga
Anggaplah dalam situasi apapun yang kita hadapi saat ini adalah situasi sebenarnya saat kita perlukan untuk mencapai sukses. Situasi ini dihadapkan pada kita untuk membantu kita belajar sesuatu, membantu untuk berkembang dalam pemikiran dan membantu menjadi lebih baik dalam menghadapi hidup.
5. Sabar dalam menghadapi masalah
Alangkah indahnya bila kita menemukan telaga kesabaran manakala tengah diundung problema dan saling menasihati satu sama lain. "Saling nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran." (QS Al Ashr, ayat 3)...
Semoga bermanfaat buat para teman, sahabat dan handai tolan yang sedang manyun…